Monday, September 24, 2012

Sistem Terdistribusi (5)

TANTANGAN SISTEM TERDISTRIBUSI ..4

4. Scalability [Kemampuan untuk diperluas]

Sebuah sistem dikatakan scalable jika sistem masih efektif ketika terjadi penambahan sumber daya dan pengguna secara significan. Internet adalah sebuah contoh dimana jumlah komputer dan layanan didalamnya meningkat secara dramatis.

ketersediaan aplikasi di internet sering terancam oleh overloads jaringan serta kegagalan server dan aplikasi. Meningkatnya jumlah pengguna terhadap sebuah layanan harus diimbangi dengan penambahan jumlah infrastruktur untuk mengimbanginya. Penambahan jumlah pengguna yang tidak diimbangi dengan penambahan jumlah server dapat menyebabkan terjadinya efek boottleneck. misalnya jika sebuah server file mampu melayani maksimal 40 pengguna maka seharusnya ada 2 buah server untuk melayani 80 pengguna.

Setiap server memiliki kapasitas beban maksimum untuk setiap aplikas yang ditangani.Jika sebuah server tunggal menyediakan halaman web sebagai aplikasi berbasis web, dan pengguna atau jumlah request/permintaan halaman web meningkat diatas beban server maka kinerja server akan jatuh dan untuk banyak pengguna layanan halaman web bisa menjadi tak tersedia (unavailable).

Permasalahan lain yang dihadapi adalah semakin menipisnya persediaan IPV4, bertambahnya jumlah server yang signifikan maka membuat IPV4 tidak lagi mencukupi permintaan IP Publik. Hal ini menyebabkan munculnya protokol baru yang menggunakan 128 bit, yaitu IPV6.


---
Referensi
Distributed System Concept and Design; Coulouris,Dollimore, kindberg

No comments :

Post a Comment