Sunday, December 25, 2011

Sixth Sense Technology




Penemuan teknologi indra keenam (Sixthsense Technology) telah benar-benar mengejutkan dunia. Meskipun tidak diketahui secara luas seperti yang sekarang, tapi waktunya tidak jauh ketika teknologi ini akan mengubah persepsi kita tentang dunia. 

Pranav Mistry, saat memperkenalkan teknologi ini adalah  seorang asisten peneliti dan kandidat PhD di MIT Media Lab, adalah pencipta dari teknologi SixthSense yang merupakan desain antarmuka gestural yang menambah dunia fisik dengan informasi digital.


Sixthsense Technology
Ide dasar dari teknologi ini adalah roller yang ada pada mouse model lama (bola) yang kemudian diaplikasikan untuk mendeteksi pergerakan tangan (gesture)



'SixthSense' adalah antarmuka gestural yang dapat dipakai menambah informasi digital pada dunia fisik di sekitar kita dan memungkinkan kita menggunakan gerakan tangan alami untuk berinteraksi dengan informasi tersebut. Perangkat SixthSense bersifat portabel dimana pengguna memakai alat tersebut di leher nya yang terdiri dari kamera, proyektor, spidol berwarna (juga dibutuhkan smart phone)



Kamera diatur untuk melacak pergerakan penanda warna (color marker) yang dimiliki pengguna pada ujung jari dan mengirimkan informasi ke smart phone untuk diproses, tetapi juga dapat mengambil gambar dan merekam video. Penanda berwarna yang dipakai pengguna di ujung jari mereka terdiri dari merah, kuning, hijau, biru yang dilacak menggunakan algoritma. Akhirnya, proyektor menampilkan data ke hampir semua permukaan yang dituju.





Video presentasi Pranav Mistry dapat dilihat pada : http://www.youtube.com/watch?v=YrtANPtnhyg


referensi

1 comment :

  1. pak...
    saya tertarik dengan teknologi ini...
    saya juga pingin mencari reverensinya...
    reverensi yang bapak cantumkan d atas tidak bisa di buka..
    mohon petunjuknya dimana saya bisa menemukan reverensi teknologi d atas...

    ReplyDelete