Tuesday, March 1, 2011

Dimanakah Linux dalam OS mu ?

"saya pake nya Linux" kira-kira begitulah jawaban dari seorang pengguna Linux, tetapi sebenarnya dimanakah posisi Linux dalam Sistem Operasi yang kita gunakan. Saya mencoba menggambarkan seperti berikut :

Hardware adalah layer pertama, katakanlah perangkat keras dari PC atau dekstop yang kita gunakan

kemudian layer selanjutnya adalah KERNEL, inilah Linux sesungguhnya, kernel bertugas untuk melayani berbagai program aplikasi (APP) untuk mengakses perangkat keras (HARDWARE) secara aman, yang bertugas mengembagkan Kernel tentu saja "kernel Team" yang dikomandani oleh Linus Torvald

SHELL, adalah interface/program yang menghubungkan user dan Aplikasi (APP) kepada KERNEL. Umumnya shell menyediakan prompt sebagai user interface, tempat dimana user mengetikkan perintah-perintah yang diinginkan baik berupa perintah internal shell (internal command), ataupun perintah eksekusi suatu file progam (eksternal command), selain itu shell memungkinkan user menyusun sekumpulan perintah pada sebuah atau beberapa file untuk dieksekusi sebagai program.

Di atas SHELL terdapat APP (aplikasi), tetapi bukan hanya aplikasi yang digunakan oleh user  yang berjalan pada OS, tetapi terdapat DAEMON (D), daemon adalah aplikasi yang berjalan secara background, dapat diumpamakan Services dalam sistem operasi Windows.Beberapa APP utama yang ada di linux merupakan hasil dari GNU PROJECT yang didirikan oleh Ricard Stallman. DAEMON sendiri dikembangkan oleh beberapa pihak diantaranya : Apace groups, Samba, Bind dll

X GUI adalah antarmuka antara hardware dan software grafis yang dijalankan. X GUI ini awalnya didevelop oleh XFree86 namun kemudian beralih ke XORG karena alasan license (kalo tidak salah ingat :P )

Desktop Environment dapat dikatakan sebagai gaya tampilan grafis dari sistem operasi, Desktop environment biasa terdiri dari icons, windows, toolbar , folder, wallpaperdll. Dekstop Environment yang banyak digunakan di kalangan Linux adalah GNOME dan KDE.

Jadi itulah sebabnya mengapa terdapat banyak distro Linux karena dikembangkan oleh banyak pihak yang tergabung menjadi sebuah sistem operasi. :)

No comments :

Post a Comment